Rabu, 04 November 2015

Surat Lamaran Pekerjaan


Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang disusun dalam rangka mengajukan permohonan untuk mendapatkan pekerjaan atau mengisi lowongan pekerjaan pada suatu instansi atau lembaga tertentu,baik lembaga pemerintah maupun swasta.

Surat lamaran pekerjaan digolongkan sebagai surat semidinas karena :
1.Pengirim surat adalah perseorangan bukan atas nama instansi atau lembaga,sedangkan pihak yang menerima adalah instansi atau lembaga.
2.Penggunaan bahasa dalam semua bagian surat harus sesuai dengan tata bahasa baku.
3.Struktur penulisan surat lamaran sesuai dengan tata aturan penulisan surat dinas.

Pengajuan lamaran pekerjaan biasanya didasarkan pada pengumuman,iklan,atau surat edaran tentang penerimaan pegawai.Tetapi ada juga pencari kerja bertindak proaktif mengajukan permohonan pekerjaan.Jadi,kita mempelajari dua jenis surat lamaran pekerjaan,yaitu :

a.Surat lamaran pekerjaan atas kemauan sendiri
   Contoh :


  b.Surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan,pengumuman atau surat edaran
     Contoh :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar